Welcome to My Blog

Selamat Datang di Web Blog Bambang Indi's --- Push Yourself Beyond The Limit --

Selasa, 16 September 2008

Knowledge Management, Implementasinya pada Perusahaan Minyak dan Gas Bumi



Knowledge management adalah sistem yang menginterasikan proses identifikasi, penyimpanan, evaluasi, dan distribusi dari knowledge ( pengalaman, ilmu, dan nilai-nilai moral ) sebagai aset yang menjadikan organisasi tersebut menjadi lebih kompetitif.

Observasi dari Implementasi Knowledge management di beberapa perusahaan minyak dan gas bumi ( Shell, Chevron, dan British Petroleum ) menunjukkan faktor-faktor kritis yang menunjang pelaksanaan KM telah dikembangkan sejak awal tahun 90an.

Faktor-faktor tersebut adalah Komitmen dari Top Management, Pengembangan sistem informasi dan teknologi ( Intranet, Directory, Database,dan Global Information Link ), dan adanya Team ( Komunitas ) sebagai wadah dalam sharing dan peningkatan knowledge baik bagi individu maupun team, serta adanya pengakuan dan reward ( penghargaan ) untuk knowledge yang dapat diimplementasikan dalam meningkatkan profit dan produktivitas dari organisasi.

1 komentar:

Md Santo mengatakan...

Sehubungan dg KM dan implementasinya, saya atas nama PT Mobee dg PT BlueMoon Tech sbg holding company mengajak anda ber"social networking", "active colaboration" dan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Situs menyediakan "explicit knowledge" atau pengalaman/pencapaian PT Mobee sebagai bahan awal forum/diskusi/blog dsb, tapi diharapkan selanjutnya juga menerima bahan-bahan dari luar Mobee untuk diskusi yg lebih luas. Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( OUR KNOWLEDGE MAP )

Terima kasih

Md Santo
Knowledge Manager Mobee & BlueMoon Tech